ladang uang

bisnis internet

Selasa, 16 Maret 2010

STAVOL ( STAbilizer VOLtage )


Haaai...!!! Salam jumpa untuk semua elektro maniak, Gimana kabarnya...? Sehat azaa kan...!!. Mohon maaf nih yaaa, baru hari ini bisa posting ke blog ini, maklum lagi sibuk aliaslagi uusahha baaang...!.
Pada postingan saya yang pertama ini, saya ingin mengulas masalah STAVOL, karena alat ini sering kita gunakan setiap hari, yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik untuk peralatan seperti komputer, kulkas, TV dan peralatan listrik lainnya. Sesuai dengan namanya STAVOL = STAbilizer VOLtage atau penyetabil tegangan.
Kadang kita sering bertanya, Kenapa sih kita harus pakai stavol segala...? Ribeeet...!!
jawabnya:.. Karena stavol berfungsi untuk menjaga peralatan kita agar tidak rusak dari akibat kekurangan konsumsi tenaga listrik. Contoh:..Kulkas di rumah kita sebaiknya tegangan listrik nya jangan sampai kurang dari 220V untuk menggerakkan kompressor, jika kurang dari 220V maka kulkas akan mengeluarkan suara...blleeg...bbleegg..blleegg, ini di sebabkan karena kompressor kekurangan tenaga listrik, atau contoh lain:.....CPU komputer sebaiknya jangan dihidupkan pada tegangan listrik kurang dari 220V, Karena Regulator power supply nya akan dipacu untuk menyalakan CPU, Hingga Transistor atau Triac di rangkaian regulator terlalu terbebani ( overload ), yang bisa menyebabkan kerusakan pada regulator power supply CPU kita,...Jadi ga bisaa chatting deehhh,..yaaa....kaaann..?. itulah sebabnya kita sering di sarankan/dianjurkan untuk menggunakan Stavol. Juga disebabkan beban puncak PLN di daerah kita Kab. Hulu Sungai Tengah, menurut penelitian saya, khususnya Kelurahan Barabai Darat, Desa Benawa Tengah, Batali Raya, Rasak, Desa Gambah, Pagat batu Benawa, Hantakan dan sekitarnya mengalami beban puncak sekitar pukul 17.30 WIT s/d 21.30 WIT, di beberapa titik, tegangan listrik hanya berkisar antara 170V - 200V. maka dari itulah sebaiknya kita menggunakan stavol agar peralatan kita aman dari resiko kerusakan. Ingaa...ingaaa... ini bukan promosi stavol...lhoo..! karena saya ga jualan stavol..mas..!
Stabilisai yang di maksud adalah, ketika tegangan listrik menurun, stavol secara otomatis akan menaikkan tegangan listrik ke nilai normal di 220V AC, dan begitu juga sebaliknya, ketika tegangan meninggi, secara otomatis stavol akan menurunkan tegangan ke voltase normal, sehingga kita sering mendengar bunyi ... treeet... treet dari stavol yang menggunakan motor stabilizer, yang menandakan stavol sedang bekerja. Stavol juga sering di gunakan pada genset, agar voltage yang di hasilkan dari genset stabil.


Kerusakan yang sering terjadi pada stavol, sering di jumpai putusnya FUSE atau SEKERING, sehingga stavol tidak berfungsi atau mati. Kerusakan seperti ini sering terjadi akibat kelebihan beban ( overload ) melebihi kapasitas stavol yang telah di tentukan, karena kapasitas stavol yang kita gunakan berkisar antara 500VA - 1000VA, atau juga dari akibat hubung pendek ( koorslet ) pada peralatan kita sendiri yang terhubung ke stavol, namun yang agak rumit kerusakan sering di akibatkan dari ausnya carboonbrush ( batu arang ), sehingga tegangan yang di hasil kan terputus-putus dan mengeluarkan percikan api pada kumparan stavol nya, sehingga kita sering menganggap stavol kita sudah rusak dan harus ganti baru lagi, sementara harga stavol kapasitas 500VA di pasaran berkisar RP 175.000, memang harganya masih terjangkau, tapi gimana kalau lagi bookee atau kanker alias kantong kering... hee.hhee..heee.. ! atau lagi malas pergi ke toko penjualnya karena lagi assyyiik chattiing amaaa...!! addaaa .... azzzeee...!!!

Berikut tips memperbaiki stavol seperti kerusakan tersebut di atas, tapi nntaaar duluuu...yaaa...!! sebelum kita bekerja, kita persiapkan dulu peralatannya. punya obeng gaa...?,klu ga punya pinjam dulu deeh..., trus gunting,sedikit kabel, kayaknya kita ga perlu solderan deh, cuman pisau cutter klu ga ada silet juga bisa, kuas cat yang baru,.. uudaah ...lengkaap.... beluuuum...? kalau udah lengkap berikut langkah - langkah nya:
Jika stavol ga bisa nyala, coba periksa dulu FUSE atau Sekering nya yang ada di depan, di bawah volt meter. jika masih punya cadangan sekering sebaiknya ganti sekering dengan yang baru, jika ga punya cadangan, kupas kabel yang telah kita siapkan tadi, ambil satu kawat dalam nya, nyalakan lilin untuk memanaskan kedua plat penutup sekering sampai terlepas, masukkan kawat tadi, lipat ujung kawat ke atas tabung kaca nya dan pasang kedua plat penutup tabung nya sambil di panaskan di atas lilin dan dorong ke arah tabung kaca.

kerusakan yang agak rumit adalah ketika stavol tidak normal atau lengan pengatur tegangan bergerak terus menerus dan mengeluarkan percikan api di kumparan trafo nya. cara mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:
bersihkan kumparan trafo, dimana carboonbrush atau batu arang melewati jalur tersebut dengan kuas, kemudian bersihkan kawat tembaga dengan pisau cutter atau silet, hingga kawat tembaga nya terlihat bersih mengkilat pada jalur yang akan di lewati carboonbrush ( batu arang ).
longgarkan baut pengunci lengan pengatur tegangannya. dorong lengan pengatur tegangan ke arah dalam kumparan trafo, tahan sambil mengencangkan kembali baut penguncinya. jika carboonbrush sudah aus atau leset dan tidak menyentuh lagi ke kumparan trafo, sedangkan lengan pengatur tegangan sudah habis di dorong ke arah kumparan, sebaiknya ganti carbonbrush dengan yang baru.


selamat mencoba, moga braziiil... N mhet jumpa di posting berikutnya.

by. "berabepoetra"

110 komentar:

  1. kalao out put nny suma 199 volt yg rusak apanya...!!

    BalasHapus
  2. Transistor Yang digunakan pada Stavol Matsunaga seperti pada gambar diatas tipe bagaimana ya? soalnya kemarin terbakar dan tidak jelas lagi no. maupun tipenya.

    mohon bantuannya Bos

    salam

    BalasHapus
  3. @setsuna: sama, denger2 resistor nyah yang rusak,
    @uchu: kalo tidak salah semua resistor nya (berjumlah 4) itu sama jenisnya,Transistor NPN S8050,

    BalasHapus
  4. maaf numpang tanya... saya punya stavolt merk MONTERO. yang rusah trasistornya karena terbakar tidak jelas codenya. transitor tersebut ada 3 buah transistor... stavolt saya MONTERO SMC-500 VA design & technology by japan.
    yang saya mau tanyakan berapa kode ketiga buah transistor tersebut.
    mohon bantuannya..
    terima kasih....

    BalasHapus
  5. gimana klo sklar n skring terbakar??
    truz kasih liat dunkz rangkaian/ gambar didalamnya

    BalasHapus
  6. ane punya stavol TZ 1000 baru 3 bln pakai kok kecium bau hangus...bau itu timbul krn gesekan karbon apa stavol saya rusak??mohon jawaban nya

    BalasHapus
  7. thanks mass,,,,,
    tadi udah saya coba,
    n berhasil!!!!
    makasih banyak mas,
    barakallah,

    BalasHapus
  8. masa mau nanya ni, di daerah saya tegangan pln sangat drop klu magrib cuman 100v, bisa ngk stavolnya di modif agar bisa stabil di 220v walaupun tegangan pln 100v klu bisa caranya gimna, stavol sy merek oki 3000va trimah kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu pernah mengalami hal seperti itu dan mesin air tidak dapat mutar dengan baik, jadi dulu saya pakai 2 buah tuh stavol, jadi double gitu, dan akhirnya mesin air lumayan jadi bisa jalan

      Hapus
    2. Stavol yg brapa wat mba..

      Hapus
  9. stabilizer toyosaki ane hidup,tapi kalo dipake pasti selang beberapa lama kabel instalasi dirumah ada yang angus/kebakar/meleleh ujung2 nya konselet,itu kenapa ya gan,tolong pencerahan

    BalasHapus
  10. Mas, kalau stavolt 1000Va, sekring yg dipakai berapa Ampere ya?Thanks.

    BalasHapus
  11. untuk 1300Va 6 amp.
    kalau di tempat saya listrik saya cek kok saya belum nemuin listrik yang full 220v. yang saya temukan hanya kisaran antara 205v-210v. dari waktu pertama kali saya ngesound sampai sekarang. kalau malam malahan cuman antara 165v-180v. tu gimana cara ngatasinya. saya pakai stavol juga segitu, trus kalau saya pakai AVR baru bisa 220v. untuk mengatasi masalah itu agar stavol saya bisa 220v murni tu gimana caranya. apa perlu di rubah dalamnya? terimakasih

    BalasHapus
  12. saya mau nanya,ane pny stavolt merk MATSUNAGA 1000 v,,bermaslh sering putus sekring yang untuk 220v ukurannya 5A..
    ukuran sekring saya ganti 10 A tp kok arus malah g kuat y...buat AC 1/2 PK...kl saya kasih 5A lg normal,,kenapa y....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan diganti ampere, ya ukuran ny jgn ditukar", bwt AC pakai 1stv aja x, gk bisa pakai bareng yg lain, gk tau juga

      Hapus
    2. Voltase di rumah saya hanya 140 .. apakah klo pake stabilizer 1000n bisa membantu menaikan voltase untuk angkat AC 1/2 pk

      Hapus
  13. jika elco 35v 33 Uf diganti dengan 35v 100 uf bahaya g'dan stabilizerku merek sako 3000va kemaren kemasukan cicak dan lantas elconya pecah..mohon petunjuknya ....trimas...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan penaruh cicak masuk mas, tapi merk tako bgitu.
      masih mending ada cicak masuk,
      di pake blm ada 3 jam, itu elco udak KO.
      ga tau nih jh baru cari solusinya.

      Hapus
  14. Ane ada stavol merk genewa 500va,apakah outputnya bisa untuk pc,monitor dan printer?

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. saya punya stavol sako 3000va..motornya/pengatur tegangan bergerak berarti gak ada masalah....tapi ada kalanya tidak mau bergerak padahal outputnya menunjukkan tegangan turun-naik..adakalanya indikator menunjukkan low voltage sehingga tidak mengalirkan arus listrik...ada yang bisa bantu...?

    BalasHapus
  17. Saya punya stavolt toyosaki tegangan maksimum 1000va

    Semalam g napa2 tapi pagi ini sewaktu mau nyalain tv stavoltnya ngambek g mau idup

    Bagini kondisinya lampu pada on/off masih menyala tapi jarum penanda pada stavolt masih pada posisi di 0 alias g naik
    Saya cek sekeringnya g apa2 tapi tetap saya coba ganti dengan sekering yang baru tapi hasilnya masih nihil

    Mohon pencerahaanya biar stavoltnya g ngambek lagi harus di apain yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cb dicek kabel dalam yg arah sekeringny mas.. Munkin putus. Kmrn pnyku jyga sprti itu

      Hapus
  18. saya punya Stavol merk matsunaga 1000v, masalahnya kenapa karbon brushnya tidak mau bergerak otomatis sehingga jika imput pln turun maka outputnya juga turun (stbilizernya g fungsi). mohon yang berpengalaman infonya

    BalasHapus
  19. Saya baru beli stavol merk matsunaga 1000N(sama contoh gbr diatas,sdgkn daya listrik rmh saya 900.
    Dirumah sy menggunakan fasilitas AC,Kulkas,Mesin cuci,TV.
    Apabila menyalakan TV/AC/mesin cuci lampu slalu kedip.Karena didaerah saya byk industri,dan Pal listrik pun jg jauh.Suatu ketika AC saya mati tdk bs dipakai bbrp hari,dan sy panggilkan tkg servis,eh ternyata tdk rsk ACnya dan listriknya dicek Voltasenya cm 190V.Dan yg saya mau tanyakan ttg Stavol digunakan bersamaan.
    Apakah satu stavol bs dipakai untuk AC & mesin cuci,atau dg kulkas?Karena satu stavol ada 2 terminal utk 220V & 1 terminal utk 110V.Mohon penjelasannya Pak...sebelumnya sy ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya (orang awam) jumlah tegangan dari pemakaian tidak boleh ngelebihin tegangan stavol.

      Hapus
  20. saya awalnya pakai stabilizer kenmaster 500va udah lama belinya waktu itu harganya 100rb an, cpu saya bisa nyala normal, tapi skr saya pakai stabilizer minamoto 1000va harganya 600rb an, cpu saya nyala tpi g ngangkat, kipas muter semua tapi g kunjung masuk bios.. knp y?

    BalasHapus
  21. saya punya stavol 500N kalau pakai monitor 19 inc ngak bisa hidup ,apa penyebanya ?padahal hanya pakai monitior aja ,

    BalasHapus
  22. saya punya stavol 1000 VA kenika, saya latakkan semeja dengan CPU komputer, jarak sekitar 30 cm. apakah radiasi stavol bisa merusak harddisk/cpu? berapa jarak minimal? pertanyaan berikut, apakah radiasi cpu bisa menyebabkan penyakit prostat?berapa jarak amannya? terima kasih jawabannya, mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stvl taro bawah aja soalnya ada magnetnya, cpu bisa prostat?🤣 gk tau ini mah? Yg radiasi monitor x mas hhhh

      Hapus
  23. Maaf mau tanya klo 1 stavol bisa di buat bercabang-cabang? misalnya 1 stavol untuk komputer dan kulkas apa boleh? mkasih sbelumnya

    http://ratuskincare.com/produk/obat-keputihan-alami-crystal-x

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lah asal ngak ngelebihin tegangan stavol

      Hapus
  24. mas saya mai tanya knp stavol saya ga ada arus nya ya padahal lampu indikator sama jarum tegangannya nyala tapi peralatan listrik saya colokin ke stavol nya ga mau nyala..mohon infonya trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini jawaban saya ya gan, mungkin saja ada kabel yang putus menuju ke lubang tempat cokkan nya gan, coba diperiksa pakai multitester mungkin ada yang putus tuh kabel

      Hapus
  25. Gan ane mo tanya listrik di kosan ane tegangannya tinggi {loswat} trus ana pasng stavol mrk matsunaga bt kulkas trus yg jd mslh stavolnya bunyi mendengung dan panas±wangi sangit kaya kbakar apakah stavol ane rusak?fuse sikring gk putus .!! Dl pernah putus lalu ane ganti pake kbl rambut 3 helai jlan dn normal..trus menurut ana gan skarang stavol ane rusak pa gk??? Mhn jawabannya

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Gan ane pake stavoo toyosaki, kalau diukur tegangan listrik rumah sata rata2 217-218v nah saya pake stavol outputnya bukan 220 tp 230, apakah ada masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. servo motornya sdh gk mau gerak mas u/ menyesuaikan voltage kembali ke 220V, ganti aja servo motornya trms

      Hapus
  28. Gan ane pake stavoo toyosaki, kalau diukur tegangan listrik rumah sata rata2 217-218v nah saya pake stavol outputnya bukan 220 tp 230, apakah ada masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama itu juga yg mau ane tanyain...>.<
      ijin nyimak aja ah

      Hapus
    2. pngaruhnya umur alat listrik berkurang

      Hapus
  29. gan saya punya stavol seperti yg di atas...itu maksimalnya kuat brapa pc ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. y tergantung tegangan 1 unit komputernya berapa

      Hapus
  30. Dibarabai dimana cil ane barabai jua mnukar stavol matsunaga3000n cara pakainya dimapa

    BalasHapus
  31. kalau kap 500VA apakah cukup untuk kulkas 2 pintu dan TV gan ,atau sebaiknya hanya gunakan salah satu...??

    BalasHapus
  32. Terima kasih, saya berhasil dengan membersihkan coil namun pakai kertas, karena dirasa amplas akan mengikis ketebelan coil dan takutnya berpengaruh

    BalasHapus
  33. Terima kasih sebelumnya, Gan numpang tanya (kebetulan lagi eksperimen dengan membuat generator tanpa bbm) kalau rumah dengan tegangan 2200 berapa kapasitas stavol yang diperlukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tegangan 2200?/ 220v, 2200 itu Watt x ya?

      Hapus
  34. trims. mhon pencerahannya mungkin dsni ada yg bs menjawab dan menjelaskannya.
    sya pnya satu mesin dgn konsumsi daya 1300 watt, mesin tersbut bsa di hidupkan hnya dengan power supply 1500 atau lebih. kbtulan dsni sya memakai power supply 1700. prtnyaan sya,,,, dengn konsumsi daya 1300 watt dan power supply 1700, apakah boleh/bsa memakai stabilizer dgn 1500VA?? mohon yg bsa mnjawab n pnjlsannya. trims.

    BalasHapus
  35. trims. mhon pencerahannya mungkin dsni ada yg bs menjawab dan menjelaskannya.
    sya pnya satu mesin dgn konsumsi daya 1300 watt, mesin tersbut bsa di hidupkan hnya dengan power supply 1500 atau lebih. kbtulan dsni sya memakai power supply 1700. prtnyaan sya,,,, dengn konsumsi daya 1300 watt dan power supply 1700, apakah boleh/bsa memakai stabilizer dgn 1500VA?? mohon yg bsa mnjawab n pnjlsannya. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baikx si yg 2000va soalx stabilizer yg 1500va tdk murni mngeluarkan daya 1500w. stablizer 1500va kbnykan hnya mengeluarkan daya di 900-1000w saja.

      Hapus
  36. maaf nanya melulu....
    apakah freezer dirumah perlu menggunakan stavolt, dan apakah mampu stavolt 500Nuntuk freezer 6 rak ? mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha di tempat saya gk pake stavolt gk maslah tuhh..Pc saya sdh 7 Tahun langsung colok aja di stop kontal PLN juga Kulkas,TV dll.. semua aman2 aja..Jd menurut saya kalau Listrik PLN di tempat kita sdh stabil gk perlu lg Pake stavolt klw UPS mungkin perlu agar PC tidak mati mendadak..

      Hapus
  37. Mas mau tanya sy punya ps2 konsumsi listriknya 100 bisa g sy pake Stavol 220va.mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  38. Mas mau tanya sy punya ps2 konsumsi listriknya 100 bisa g sy pake Stavol 220va.mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  39. Saya pakai tabilizer 500N kira2 bisa ga mas dipakai buat ac..

    BalasHapus
  40. Balasan
    1. oh itu dari plnnya atau mungkin ada yg bocor listriknya....soalnya tiba tiba turun...bunyi krik krik itu mungkin dari penunjuk voltnya

      Hapus
    2. oh itu dari plnnya atau mungkin ada yg bocor listriknya....soalnya tiba tiba turun...bunyi krik krik itu mungkin dari penunjuk voltnya

      Hapus
    3. gan, kalau kayak gitu, gimana itu gan, stavolnya rusak atau memang seperti itu dan gak papa di pake aja stavolnya. terima kasih

      Hapus
    4. Yg bunyi stvolny krik krik gtu?, Klo yg ini jenis servo motor sprt toyosaki klo teg PLN naik/ turun bunyi itu carbon brushny,klo turun cek listrik berlebihan gk, ttp aja pakai stavolt bukan berati bisa semua peralatan listrik pakai bareng tetap gantian, ini cuman utk menstabilkan tegangan yg masuk/ keluar pada alat listrik kita agar tdk cepat rusak,dpkai utk kulkas tv mgc com dll bgtu sih yg saya tau heeee

      Hapus
  41. mas saya mau jual stavolt 3 phase itu ke mn ya?

    BalasHapus
  42. Bedanya Trafo sama stabilizer dan soft start apa Gan?

    Terus bagusnya beli yg mana dan merk apa?
    Ditunggu konfirmasi Agan" smua...Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg paling bagus itu Made in Japan ori ,yg kw itu banyak Made in China soal harga berdsr kualitas heee

      Hapus
  43. ak mau tanya setavolt1000va makan daya berapa.. makasi.......

    BalasHapus
  44. ak mau tanya setavolt1000va makan daya berapa.. makasi.......

    BalasHapus
  45. Kalo stavolt matsunaga 500N, ketka di hidupkan jarumnya tidak sampai 220V, kenapa ya ? dan bahaya atau tidak pada PC komputer :) ? mohon pencerahaanya.....

    BalasHapus
  46. Saya anak kost,pakai ac,tv dan kulkas..apakah itu bisa 1 stavol boss ? Dan stavol yg bagaimana recomend untuk saya ? Terima kasih jawabannya..

    BalasHapus
  47. Mau tanya klw stavolt keadaan input dua kutubnya positif n outputnya jg sma, pdahal input sblum dipasang ke stavolt kutubnya positif n netral, dan Keadaan mesin outputnya normal gk ada msalah.
    kira2 apa penyebabnya ya??
    Mhon bantuannya. Tks.

    BalasHapus
  48. Gan mau tanya, saya punya stabilizer 1000v, kira2 bisa di pakai buat kompresor cat bertegangan 220volt?

    BalasHapus
  49. apa bisa stavol di pakai untuk bor yg tegangannya 110

    BalasHapus
  50. Misi gan mau nanya kalau komputer dengan powersuplay RM 1000w apakah bisa menggunakan stavol dengan daya 1000w juga

    BalasHapus
  51. Stavol visalux Avr 1000va-n kondisi R1 kebakar. Mohon dibantu berapa ukuran dari R1 itu. Warna cincin hilang pas kebakar. Tinggal warna pinggir sama pinggir saja yang tersisa yaitu coklat sama emas.

    BalasHapus
  52. ada yg jual rangkain stavol soalnya kebakar..

    BalasHapus
  53. Gan kalo jarum stavolt nya 300V gmna itu? Awalnya kadang 220V, tapi kadang suka 300V lalu panas lalu listrik di rumah mati, itu penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
  54. Gan q punya mesin eskrim dg daya 1800watt klo pake stavolt 2000va bgmn?

    BalasHapus
  55. Gan q punya mesin eskrim dg daya 1800watt klo pake stavolt 2000va bgmn?

    BalasHapus
  56. klo lampu indikator pada stavol listrik berkedip-kedip, alat itu bagus ato bagaimana yah

    BalasHapus
  57. Gan saya beli Stafol matsunaga 1000volt.tp baru dipakai buat tv ama resistor parabola ko bau sangit ya.. Mohon dijawb? ?eoalny kmrn pke yg 500volt juga bau sangit.

    BalasHapus
  58. Klo bau sangit pada trafonya apanya yua tu boss gan,mhon msukan yua?

    BalasHapus
  59. Klo bau sangit pada trafonya apanya yua tu boss gan,mhon msukan yua?

    BalasHapus
  60. Saya punya stavolt 500N merk Matsunaga, klu saya pakai di CPU yg power suply nya 800 Watt bisa gak..?

    BalasHapus
  61. Klo stvolt pas wktu hidup tiba tiba sya rubah ke 110 ap yg akn trjadi??

    BalasHapus
  62. Klo posisi stavolx aku taruh miring g papa,, tidak sesuai dgn kebiasaan

    BalasHapus
  63. Bolehkah kulkas lngsung di colokkn ke stavol?

    BalasHapus
  64. Sy punya stavol 3A 500W, setelah dicolokin dr stavol ke kulkas agak lama sekringnya putus, itu kenapa yaaa

    BalasHapus
  65. infonya sangat bermanfaat, mantab gan
    lampu servis hp

    BalasHapus
  66. Gan mau tanya saya kan bekerja di mesin bordir komputer nah stabilizer saya menunjukan posisi voltage nya 220 terus amper nya sering naik dan mengakibatan kan jadi eror pada mesin , itu masalah nya dari stabilizer nya atau dari arus balik trafo ya ?? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  67. Gan mau tanya...stavolt sy 500N fuce pkek 3 amp,itu fucenya cepat rusak/putus,gmn solusinya gan..?klo diganti yg 5amp ba gak gan..?

    BalasHapus
  68. Saya baru beli stavolt Matsunaga 1000v saya pakai untuk frezeer tegangan 220, awal di hidupkan bisa nyala tapi setelah satu jam an lampu power stavol hidup sedangkan jarum amperanya nol gk naik2 masak masih baru udah rusak ,apa kelebihan beban ya tpi cuma saya pakek frezeer aja

    BalasHapus
  69. Knpa ya kulkas frezeer sy kasih stavol ee stavol nya lngsung mati..

    BalasHapus
  70. saya baru beri stavolt Matsunaga 1000v, saya pake untuk kulkas. setelah sebulan dua colokan yaitu 1 bertegangan dan 1 netral malah bertegangan kedua duanya (tespen nyala d kedua sisi). sedangkan sumber power tidak masalah. sekering 5A kebakar terus.
    masalahnya apa ya? mohon pencerahannya suhu/guru

    BalasHapus
  71. Harga stabilizer skrng mahal bro....
    Saya baru saja beli stabilizer 1000watt harga 450 rb.

    BalasHapus
  72. Dimana beli PCB stavol visalux1000 va-n.dan bisa nggk d ganti dengan pcb merek lain,mohon pencerahan

    BalasHapus
  73. Saya mau tanya,saya punya stabilizer matsunaga 1000N.kenapa di colokkin lama ko bau angus gosong ya.mohon bantuannya ya..kali ada yang bisa jawab..������������

    BalasHapus