ladang uang

bisnis internet
Memuat...

Selasa, 16 Maret 2010

STAVOL ( STAbilizer VOLtage )


Haaai...!!! Salam jumpa untuk semua elektro maniak, Gimana kabarnya...? Sehat azaa kan...!!. Mohon maaf nih yaaa, baru hari ini bisa posting ke blog ini, maklum lagi sibuk aliaslagi uusahha baaang...!.
Pada postingan saya yang pertama ini, saya ingin mengulas masalah STAVOL, karena alat ini sering kita gunakan setiap hari, yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik untuk peralatan seperti komputer, kulkas, TV dan peralatan listrik lainnya. Sesuai dengan namanya STAVOL = STAbilizer VOLtage atau penyetabil tegangan.
Kadang kita sering bertanya, Kenapa sih kita harus pakai stavol segala...? Ribeeet...!!
jawabnya:.. Karena stavol berfungsi untuk menjaga peralatan kita agar tidak rusak dari akibat kekurangan konsumsi tenaga listrik. Contoh:..Kulkas di rumah kita sebaiknya tegangan listrik nya jangan sampai kurang dari 220V untuk menggerakkan kompressor, jika kurang dari 220V maka kulkas akan mengeluarkan suara...blleeg...bbleegg..blleegg, ini di sebabkan karena kompressor kekurangan tenaga listrik, atau contoh lain:.....CPU komputer sebaiknya jangan dihidupkan pada tegangan listrik kurang dari 220V, Karena Regulator power supply nya akan dipacu untuk menyalakan CPU, Hingga Transistor atau Triac di rangkaian regulator terlalu terbebani ( overload ), yang bisa menyebabkan kerusakan pada regulator power supply CPU kita,...Jadi ga bisaa chatting deehhh,..yaaa....kaaann..?. itulah sebabnya kita sering di sarankan/dianjurkan untuk menggunakan Stavol. Juga disebabkan beban puncak PLN di daerah kita Kab. Hulu Sungai Tengah, menurut penelitian saya, khususnya Kelurahan Barabai Darat, Desa Benawa Tengah, Batali Raya, Rasak, Desa Gambah, Pagat batu Benawa, Hantakan dan sekitarnya mengalami beban puncak sekitar pukul 17.30 WIT s/d 21.30 WIT, di beberapa titik, tegangan listrik hanya berkisar antara 170V - 200V. maka dari itulah sebaiknya kita menggunakan stavol agar peralatan kita aman dari resiko kerusakan. Ingaa...ingaaa... ini bukan promosi stavol...lhoo..! karena saya ga jualan stavol..mas..!
Stabilisai yang di maksud adalah, ketika tegangan listrik menurun, stavol secara otomatis akan menaikkan tegangan listrik ke nilai normal di 220V AC, dan begitu juga sebaliknya, ketika tegangan meninggi, secara otomatis stavol akan menurunkan tegangan ke voltase normal, sehingga kita sering mendengar bunyi ... treeet... treet dari stavol yang menggunakan motor stabilizer, yang menandakan stavol sedang bekerja. Stavol juga sering di gunakan pada genset, agar voltage yang di hasilkan dari genset stabil.


Kerusakan yang sering terjadi pada stavol, sering di jumpai putusnya FUSE atau SEKERING, sehingga stavol tidak berfungsi atau mati. Kerusakan seperti ini sering terjadi akibat kelebihan beban ( overload ) melebihi kapasitas stavol yang telah di tentukan, karena kapasitas stavol yang kita gunakan berkisar antara 500VA - 1000VA, atau juga dari akibat hubung pendek ( koorslet ) pada peralatan kita sendiri yang terhubung ke stavol, namun yang agak rumit kerusakan sering di akibatkan dari ausnya carboonbrush ( batu arang ), sehingga tegangan yang di hasil kan terputus-putus dan mengeluarkan percikan api pada kumparan stavol nya, sehingga kita sering menganggap stavol kita sudah rusak dan harus ganti baru lagi, sementara harga stavol kapasitas 500VA di pasaran berkisar RP 175.000, memang harganya masih terjangkau, tapi gimana kalau lagi bookee atau kanker alias kantong kering... hee.hhee..heee.. ! atau lagi malas pergi ke toko penjualnya karena lagi assyyiik chattiing amaaa...!! addaaa .... azzzeee...!!!

Berikut tips memperbaiki stavol seperti kerusakan tersebut di atas, tapi nntaaar duluuu...yaaa...!! sebelum kita bekerja, kita persiapkan dulu peralatannya. punya obeng gaa...?,klu ga punya pinjam dulu deeh..., trus gunting,sedikit kabel, kayaknya kita ga perlu solderan deh, cuman pisau cutter klu ga ada silet juga bisa, kuas cat yang baru,.. uudaah ...lengkaap.... beluuuum...? kalau udah lengkap berikut langkah - langkah nya:
Jika stavol ga bisa nyala, coba periksa dulu FUSE atau Sekering nya yang ada di depan, di bawah volt meter. jika masih punya cadangan sekering sebaiknya ganti sekering dengan yang baru, jika ga punya cadangan, kupas kabel yang telah kita siapkan tadi, ambil satu kawat dalam nya, nyalakan lilin untuk memanaskan kedua plat penutup sekering sampai terlepas, masukkan kawat tadi, lipat ujung kawat ke atas tabung kaca nya dan pasang kedua plat penutup tabung nya sambil di panaskan di atas lilin dan dorong ke arah tabung kaca.

kerusakan yang agak rumit adalah ketika stavol tidak normal atau lengan pengatur tegangan bergerak terus menerus dan mengeluarkan percikan api di kumparan trafo nya. cara mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:
bersihkan kumparan trafo, dimana carboonbrush atau batu arang melewati jalur tersebut dengan kuas, kemudian bersihkan kawat tembaga dengan pisau cutter atau silet, hingga kawat tembaga nya terlihat bersih mengkilat pada jalur yang akan di lewati carboonbrush ( batu arang ).
longgarkan baut pengunci lengan pengatur tegangannya. dorong lengan pengatur tegangan ke arah dalam kumparan trafo, tahan sambil mengencangkan kembali baut penguncinya. jika carboonbrush sudah aus atau leset dan tidak menyentuh lagi ke kumparan trafo, sedangkan lengan pengatur tegangan sudah habis di dorong ke arah kumparan, sebaiknya ganti carbonbrush dengan yang baru.


selamat mencoba, moga braziiil... N mhet jumpa di posting berikutnya.

by. "berabepoetra"

29 komentar:

  1. kalao out put nny suma 199 volt yg rusak apanya...!!

    BalasHapus
  2. Transistor Yang digunakan pada Stavol Matsunaga seperti pada gambar diatas tipe bagaimana ya? soalnya kemarin terbakar dan tidak jelas lagi no. maupun tipenya.

    mohon bantuannya Bos

    salam

    BalasHapus
  3. @setsuna: sama, denger2 resistor nyah yang rusak,
    @uchu: kalo tidak salah semua resistor nya (berjumlah 4) itu sama jenisnya,Transistor NPN S8050,

    BalasHapus
  4. maaf numpang tanya... saya punya stavolt merk MONTERO. yang rusah trasistornya karena terbakar tidak jelas codenya. transitor tersebut ada 3 buah transistor... stavolt saya MONTERO SMC-500 VA design & technology by japan.
    yang saya mau tanyakan berapa kode ketiga buah transistor tersebut.
    mohon bantuannya..
    terima kasih....

    BalasHapus
  5. gimana klo sklar n skring terbakar??
    truz kasih liat dunkz rangkaian/ gambar didalamnya

    BalasHapus
  6. ane punya stavol TZ 1000 baru 3 bln pakai kok kecium bau hangus...bau itu timbul krn gesekan karbon apa stavol saya rusak??mohon jawaban nya

    BalasHapus
  7. thanks mass,,,,,
    tadi udah saya coba,
    n berhasil!!!!
    makasih banyak mas,
    barakallah,

    BalasHapus
  8. masa mau nanya ni, di daerah saya tegangan pln sangat drop klu magrib cuman 100v, bisa ngk stavolnya di modif agar bisa stabil di 220v walaupun tegangan pln 100v klu bisa caranya gimna, stavol sy merek oki 3000va trimah kasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. stabilizer toyosaki ane hidup,tapi kalo dipake pasti selang beberapa lama kabel instalasi dirumah ada yang angus/kebakar/meleleh ujung2 nya konselet,itu kenapa ya gan,tolong pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. stabilizernya berapa Va? gan
      tak tukune wae nek 3000Va ke atas gan

      Hapus
  10. Mas, kalau stavolt 1000Va, sekring yg dipakai berapa Ampere ya?Thanks.

    BalasHapus
  11. untuk 1300Va 6 amp.
    kalau di tempat saya listrik saya cek kok saya belum nemuin listrik yang full 220v. yang saya temukan hanya kisaran antara 205v-210v. dari waktu pertama kali saya ngesound sampai sekarang. kalau malam malahan cuman antara 165v-180v. tu gimana cara ngatasinya. saya pakai stavol juga segitu, trus kalau saya pakai AVR baru bisa 220v. untuk mengatasi masalah itu agar stavol saya bisa 220v murni tu gimana caranya. apa perlu di rubah dalamnya? terimakasih

    BalasHapus
  12. saya mau nanya,ane pny stavolt merk MATSUNAGA 1000 v,,bermaslh sering putus sekring yang untuk 220v ukurannya 5A..
    ukuran sekring saya ganti 10 A tp kok arus malah g kuat y...buat AC 1/2 PK...kl saya kasih 5A lg normal,,kenapa y....?

    BalasHapus
  13. jika elco 35v 33 Uf diganti dengan 35v 100 uf bahaya g'dan stabilizerku merek sako 3000va kemaren kemasukan cicak dan lantas elconya pecah..mohon petunjuknya ....trimas...........

    BalasHapus
  14. Ane ada stavol merk genewa 500va,apakah outputnya bisa untuk pc,monitor dan printer?

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. saya punya stavol sako 3000va..motornya/pengatur tegangan bergerak berarti gak ada masalah....tapi ada kalanya tidak mau bergerak padahal outputnya menunjukkan tegangan turun-naik..adakalanya indikator menunjukkan low voltage sehingga tidak mengalirkan arus listrik...ada yang bisa bantu...?

    BalasHapus
  17. Saya punya stavolt toyosaki tegangan maksimum 1000va

    Semalam g napa2 tapi pagi ini sewaktu mau nyalain tv stavoltnya ngambek g mau idup

    Bagini kondisinya lampu pada on/off masih menyala tapi jarum penanda pada stavolt masih pada posisi di 0 alias g naik
    Saya cek sekeringnya g apa2 tapi tetap saya coba ganti dengan sekering yang baru tapi hasilnya masih nihil

    Mohon pencerahaanya biar stavoltnya g ngambek lagi harus di apain yaaaa

    BalasHapus
  18. saya punya Stavol merk matsunaga 1000v, masalahnya kenapa karbon brushnya tidak mau bergerak otomatis sehingga jika imput pln turun maka outputnya juga turun (stbilizernya g fungsi). mohon yang berpengalaman infonya

    BalasHapus
  19. Saya baru beli stavol merk matsunaga 1000N(sama contoh gbr diatas,sdgkn daya listrik rmh saya 900.
    Dirumah sy menggunakan fasilitas AC,Kulkas,Mesin cuci,TV.
    Apabila menyalakan TV/AC/mesin cuci lampu slalu kedip.Karena didaerah saya byk industri,dan Pal listrik pun jg jauh.Suatu ketika AC saya mati tdk bs dipakai bbrp hari,dan sy panggilkan tkg servis,eh ternyata tdk rsk ACnya dan listriknya dicek Voltasenya cm 190V.Dan yg saya mau tanyakan ttg Stavol digunakan bersamaan.
    Apakah satu stavol bs dipakai untuk AC & mesin cuci,atau dg kulkas?Karena satu stavol ada 2 terminal utk 220V & 1 terminal utk 110V.Mohon penjelasannya Pak...sebelumnya sy ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  20. saya awalnya pakai stabilizer kenmaster 500va udah lama belinya waktu itu harganya 100rb an, cpu saya bisa nyala normal, tapi skr saya pakai stabilizer minamoto 1000va harganya 600rb an, cpu saya nyala tpi g ngangkat, kipas muter semua tapi g kunjung masuk bios.. knp y?

    BalasHapus
  21. saya punya stavol 500N kalau pakai monitor 19 inc ngak bisa hidup ,apa penyebanya ?padahal hanya pakai monitior aja ,

    BalasHapus
  22. saya punya stavol 1000 VA kenika, saya latakkan semeja dengan CPU komputer, jarak sekitar 30 cm. apakah radiasi stavol bisa merusak harddisk/cpu? berapa jarak minimal? pertanyaan berikut, apakah radiasi cpu bisa menyebabkan penyakit prostat?berapa jarak amannya? terima kasih jawabannya, mas.

    BalasHapus
  23. Maaf mau tanya klo 1 stavol bisa di buat bercabang-cabang? misalnya 1 stavol untuk komputer dan kulkas apa boleh? mkasih sbelumnya

    http://ratuskincare.com/produk/obat-keputihan-alami-crystal-x

    BalasHapus
  24. mas saya mai tanya knp stavol saya ga ada arus nya ya padahal lampu indikator sama jarum tegangannya nyala tapi peralatan listrik saya colokin ke stavol nya ga mau nyala..mohon infonya trima kasih

    BalasHapus
  25. Gan ane mo tanya listrik di kosan ane tegangannya tinggi {loswat} trus ana pasng stavol mrk matsunaga bt kulkas trus yg jd mslh stavolnya bunyi mendengung dan panas±wangi sangit kaya kbakar apakah stavol ane rusak?fuse sikring gk putus .!! Dl pernah putus lalu ane ganti pake kbl rambut 3 helai jlan dn normal..trus menurut ana gan skarang stavol ane rusak pa gk??? Mhn jawabannya

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus