ladang uang

bisnis internet
Memuat...

Selasa, 13 April 2010

RICE COOKER (penanak nasi) dan WARM (pemanas).

Pada postingan kali ini, kita akan bahas salah satu peralatan yang bikin ibu ibu tambah cantiiik...., koq bisa gitu yaa...?. Aneeh...Kan...?, apa hubungannya rice cooker ama kecantikan...?, begini teman teman, duluu sekali, sebelum alat ini di temukan, pagi pagi sekali tuh para ibu ibu sudah pada ke dapur untuk memasak nasi buat anak anak juga babenye hingga menyita waktu nya yang cuma 10 menit, Tetapi sekarang sesudah alat ini ditemukan, waktu dandannya ibu ibu jadi fuuull.. dech, nyampai 2 jam, hingga membuat ibu ibu jadi tambah cantik, tull...Gak...?. Hee...Hee...!,
Memang di zaman sekarang ini, kita semakin di manjakan dengan kemajuan tekhnologi, tetapi bagaimana jika suatu waktu alat ini rusak, naah...Bikin pusiiing kan...?. Sementara kita lagi malas membawanya ke tempat reparasi elektronik, berikut tips mendeteksi kerusakan dan memperbaikinya.
Sebenarnya alat ini di buat dengan 2 fungsi, yaitu untuk memasak nasi dan memanaskannya, hingga nasi tetap terasb hangat seperti baru di masak dan nasi jadi awet hingga 2 hari. Dari beberapa analisa saya

Selasa, 06 April 2010

TV KIRARA model: 1488 gambar rolling kiri-kanan & atas-bawah

Hari senin 05 april 2010, gue dapat job, tv merk KIRARA 14 inch, kerusakan: gambar rolling kekiri & kanan juga keatas & kebawah, setelah gue periksa, ternyata solderan pada kaki-kaki ic crhoma nya sdh banyak yg retak, langsung aja pakai jurus SAPU JAGAT alias memperbaharui semua solderan yg kelihatan sudah mulai retak, ic crhoma tv ini menggunakan seri LA 76810 A, setelah selesai jurus pertama, kita coba dl, ketika di hidupkan ternyata gambar tv nya sdh kembali normal, allhamdulillah akhirnya selesai juga job hr ini

Selasa, 16 Maret 2010

STAVOL ( STAbilizer VOLtage )


Haaai...!!! Salam jumpa untuk semua elektro maniak, Gimana kabarnya...? Sehat azaa kan...!!. Mohon maaf nih yaaa, baru hari ini bisa posting ke blog ini, maklum lagi sibuk aliaslagi uusahha baaang...!.
Pada postingan saya yang pertama ini, saya ingin mengulas masalah STAVOL, karena alat ini sering kita gunakan setiap hari, yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik untuk peralatan seperti komputer, kulkas, TV dan peralatan listrik lainnya. Sesuai dengan namanya STAVOL = STAbilizer VOLtage atau penyetabil tegangan.
Kadang kita sering bertanya, Kenapa sih kita harus pakai stavol segala...? Ribeeet...!!
jawabnya:.. Karena stavol berfungsi untuk menjaga peralatan kita agar tidak rusak dari akibat kekurangan konsumsi tenaga listrik. Contoh:..Kulkas di rumah kita sebaiknya tegangan listrik nya jangan sampai kurang dari 220V untuk menggerakkan kompressor, jika kurang dari 220V maka kulkas akan mengeluarkan suara...blleeg...bbleegg..blleegg, ini di sebabkan karena kompressor kekurangan tenaga listrik, atau contoh lain:.....CPU komputer sebaiknya jangan dihidupkan pada tegangan listrik kurang dari 220V, Karena Regulator power supply nya akan dipacu untuk menyalakan CPU, Hingga Transistor atau Triac di rangkaian regulator terlalu terbebani ( overload ), yang bisa menyebabkan kerusakan pada regulator power supply CPU kita,...Jadi ga bisaa chatting deehhh,..yaaa....kaaann..?. itulah sebabnya kita sering di sarankan/dianjurkan untuk menggunakan Stavol. Juga disebabkan beban puncak PLN di daerah kita Kab. Hulu Sungai Tengah, menurut penelitian saya, khususnya Kelurahan Barabai Darat, Desa Benawa Tengah, Batali Raya, Rasak, Desa Gambah, Pagat batu Benawa, Hantakan dan sekitarnya mengalami beban puncak sekitar pukul 17.30 WIT s/d 21.30 WIT, di beberapa titik, tegangan listrik hanya berkisar antara 170V - 200V. maka dari itulah sebaiknya kita menggunakan stavol agar peralatan kita aman dari resiko kerusakan. Ingaa...ingaaa... ini bukan promosi stavol...lhoo..! karena saya ga jualan stavol..mas..!
Stabilisai yang di maksud adalah, ketika tegangan listrik menurun, stavol secara otomatis akan menaikkan tegangan listrik ke nilai normal di 220V AC, dan begitu juga sebaliknya, ketika tegangan meninggi, secara otomatis stavol akan menurunkan tegangan ke voltase normal, sehingga kita sering mendengar bunyi ... treeet... treet dari stavol yang menggunakan motor stabilizer, yang menandakan stavol sedang bekerja. Stavol juga sering di gunakan pada genset, agar voltage yang di hasilkan dari genset stabil.


Kerusakan yang sering terjadi pada stavol, sering di jumpai putusnya FUSE atau SEKERING, sehingga stavol tidak berfungsi atau mati. Kerusakan seperti ini sering terjadi akibat kelebihan beban ( overload ) melebihi kapasitas stavol yang telah di tentukan, karena kapasitas stavol yang kita gunakan berkisar antara 500VA - 1000VA, atau juga dari akibat hubung pendek ( koorslet ) pada peralatan kita sendiri yang terhubung ke stavol, namun yang agak rumit kerusakan sering di akibatkan dari ausnya carboonbrush ( batu arang ), sehingga tegangan yang di hasil kan terputus-putus dan mengeluarkan percikan api pada kumparan stavol nya, sehingga kita sering menganggap stavol kita sudah rusak dan harus ganti baru lagi, sementara harga stavol kapasitas 500VA di pasaran berkisar RP 175.000, memang harganya masih terjangkau, tapi gimana kalau lagi bookee atau kanker alias kantong kering... hee.hhee..heee.. ! atau lagi malas pergi ke toko penjualnya karena lagi assyyiik chattiing amaaa...!! addaaa .... azzzeee...!!!

Berikut tips memperbaiki stavol seperti kerusakan tersebut di atas, tapi nntaaar duluuu...yaaa...!! sebelum kita bekerja, kita persiapkan dulu peralatannya. punya obeng gaa...?,klu ga punya pinjam dulu deeh..., trus gunting,sedikit kabel, kayaknya kita ga perlu solderan deh, cuman pisau cutter klu ga ada silet juga bisa, kuas cat yang baru,.. uudaah ...lengkaap.... beluuuum...? kalau udah lengkap berikut langkah - langkah nya:
Jika stavol ga bisa nyala, coba periksa dulu FUSE atau Sekering nya yang ada di depan, di bawah volt meter. jika masih punya cadangan sekering sebaiknya ganti sekering dengan yang baru, jika ga punya cadangan, kupas kabel yang telah kita siapkan tadi, ambil satu kawat dalam nya, nyalakan lilin untuk memanaskan kedua plat penutup sekering sampai terlepas, masukkan kawat tadi, lipat ujung kawat ke atas tabung kaca nya dan pasang kedua plat penutup tabung nya sambil di panaskan di atas lilin dan dorong ke arah tabung kaca.

kerusakan yang agak rumit adalah ketika stavol tidak normal atau lengan pengatur tegangan bergerak terus menerus dan mengeluarkan percikan api di kumparan trafo nya. cara mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:
bersihkan kumparan trafo, dimana carboonbrush atau batu arang melewati jalur tersebut dengan kuas, kemudian bersihkan kawat tembaga dengan pisau cutter atau silet, hingga kawat tembaga nya terlihat bersih mengkilat pada jalur yang akan di lewati carboonbrush ( batu arang ).
longgarkan baut pengunci lengan pengatur tegangannya. dorong lengan pengatur tegangan ke arah dalam kumparan trafo, tahan sambil mengencangkan kembali baut penguncinya. jika carboonbrush sudah aus atau leset dan tidak menyentuh lagi ke kumparan trafo, sedangkan lengan pengatur tegangan sudah habis di dorong ke arah kumparan, sebaiknya ganti carbonbrush dengan yang baru.


selamat mencoba, moga braziiil... N mhet jumpa di posting berikutnya.

by. "berabepoetra"

Sabtu, 20 Februari 2010

selamat datang di berabepoetra gudang ilmu elektronik

Assalamualaikum wr wb, salam sejahtera untuk kita semua, dengan mengucap bismillahirrahhmaanirrahiim, saya mulai blog saya ini, dengan harapan bisa membawa manfaat bagi kita semua, sebagai sarana berbagi ilmu dan pengetahuan khususnya di bidang elektronika, juga sebagai sarana menjalin silaturrahmi di tengah kesibukan menjalankan tugas maupun pekerjaan kita.

Untuk itu saya sangat berharap dukungan dan postingan dari temen-teman yang udah master di bidang elektronika untuk, memperkaya blog ini agar kita dapat mengambil manfaat dari blog ini, sehingga bersesuaian pula dengan nama blog ini " gudang ilmu elektronik "

dan sebelumnya saya memohon maaf kepada teman-teman penikmat blog ini, jika terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam postingan saya, maklum saya pemula dan dalam tahap belajar, mohon support nya ya...! buat master-master blogger biar blog saya tambah asyiiik....gitu lhooo..!

and lam kenal aza... buat blogger-blogger yang udah duluan ngeblog


wasssallaam .... by ..... berabepoetra